Tuesday, August 7, 2007

Sendratari Ramayana

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 2 Agustus, aku nganterin peserta diklat menyaksikan pagelaran sendratari ramayana di candi prambanan. Terus terang itu kali pertama aku menyaksikan sendratari ramayana. Bahkan kali pertama aku mengunjungi Candi Prambanan, hehehe...

Sendratari Ramayana berkisah tentang perjalanan Rama. Secara ringkas ceritanya begini.

Prabu Janaka dari Negeri Mantili mempunyai putri bernama Dewi Shinta. Untuk menentukan calon suami diadakanlah sayembara yang dimenangkan oleh Prabu Rama dari kerajaan Ayodya. Namun demikian Prabu Rahwana yang merupakan raja dari negara Alengka ingin pula memperistri Dewi Shinta karena dia merasa bahwa Dewi Shinta merupakan titisan Dewi Widowati yang selama ini dicari2nya.

Rama merupakan Putra Mahkota dari kerajaan Ayodya namun dia tidak mau menjadi raja Ayodya dan memilih hidup di hutan bersama adiknya Laksmana dan istrinya Dewi Shinta menjaga petapa2 dari gangguan raksasa. Di hutan Dandaka ia bertemu Sarpakenaka (adik perempuan Rahwana). Karena Sarpakenaka bernafsu dengan Rama dan Laksmana hidungnya terluka oleh pedang Laksmana. Kemudian ia mengadu kepada kakaknya Rahwana bahwa ia telah dianiaya. Rahwana menjadi marah dan mencari Rama di hutan.

Melihat Dewi Shinta timbul niat Rahwana untuk memiliki. Rahwana kemudian menyuruh pengikutnya yang bernama Marica untuk berubah menjadi kijang kencana dan menggoda Dewi Shinta. Shinta pun tergoda dan meminta Rama untuk menangkapnya. Rama pergi mengejar si kijang dan meminta Laksmana untuk menjaga Dewi Shinta. Namun setelah lama, Rama tidak kunjung datang. Shinta pun menyuruh Laksmana untuk mencari Rama. Laksmana meninggalkan Shinta dengan melingkari Shinta dengan lingkaran magis untuk menjaga keselamatan Shinta. Shinta tidak boleh keluar dari lingkaran tersebut. Pada saat itulah Rahwana menghampri Shinta untuk membawanya. Namun Rahwana tidak dapat menyentuh Shinta karena lingkaran magis yang dibuat Laksmana. Rahwana kemudian mencari cara. Ia merubah diri menjadi seorang brahmana tua dan meminta sedekah kepada Shinta. Karena kelembutan hatinya, Shinta keluar dari lingkaran magis untuk memberi sedekah pada brahmana tua tersebut. Pada saat itulah Rahwana berhasil menarik Shinta dan membawanya ke negara Alengka.

Di hutan sana, Rama berhasil menagkap kijang kencana. Namun ketika dipanah, kijang tersebut berubah menjadi raksasa Marica. Rama dan Marica pun bertarung. Namun akhirnya Marica terkalahkan oleh panah Rama. Laksmana menemukan Rama dan mengajaknya kembali menemui Shinta. Sementara itu ketika membawa Shinta, Rahwana bertemu dengan Jatayu yang menghalanginya membawa Shinta. Terjadilah pertarungan antara Rahwana dan Jatayu. Jatayu dilumpuhkan Rahwana. Dalam perjalanannya mencari Shinta, Rama dan Laksmana bertemu Jatayu yang terluka parah. Rama hendak membunuh Jatayu karena menyangka dialah yang menculik Shinta. Namun Laksmana mencegahnya. Jatayu kemudian menceritakan apa yang terjadi. Jatayu pun mati.

saat Jatayu menolong Shinta dari Rahwana

Dalam perjalanan berikutnya, Rama bertemu Hanoman yang diutus oleh Sugriwa untuk mencari satria yang dapat membantunya mengalahkan Subali. Berkat bantuan Rama, Sugriwa berhasil mengalahkan Subali. Sugriwa kemudian membatu Rama untuk mengambil kembali Dewi Shinta dari tangan Rahwana. Sugriwa mengutus Hanoman untuk menyelidiki Alengka. Setelah sampai di Alengka, Hanoman segera menemui Shinta yang sedang dijaga oleh Trijata. Hanoman menyampaikan bahwa dia adalah utusan Rama. Hanoman ingin mengetahui kekuatan kerajan ALengka maka dirusaklah taman kerajaan. Hanoman tertangkap oleh Indrajit anak Rahwana dan dibawa menghadap Rahwana. Karena marah Rahwana hendak membunuh Hanoman namun dicegah oleh Kumbakarna adiknya. Kumbakarna akhirnya diusir dari negara Alengka karena dianggap membangkang Rahwana. Hanoman dihukum dengan dibakar. Namun karena kesaktiannya, Hanoman tidak terbakar. Ia malah membakar kerajaan Alengka.

Hanoman menemui Shinta senagai utusan Rama

Hanoman hendak membakar kerajaan Alengka

Setelah itu Hanoman kembali kepada Rama untuk mengabarkan keadaan Alengka dan kekuatannya. Rama beserta pasukan kera membuat bendungan sebagai jalan menuju Alengka. Kemudian Rama mengutus Hanoman, Anggodo, Anila dan Jembawana untuk memimpin pasukan menyerang kerajaan Alengka. Akhirnya terjadilah perang antara pasukan Rama melawan balatentara Rahwana. Indrajit dan Kumbakarna tewas dalam peperangan tersebut. Rahwana akhirnya dikalahkan oleh Panah Rama dan dihimpit gunung Sumawan yang dibawa Hanoman.

Hanoman menghadap Rama melaporkan keadaan dan kekuatan Alengka

Rama dan pasukan kera membangun bendungan

Ah....

Akhirnya Rama dapat bertemu kembali dengan Shinta. Namun Rama meragukan kesucian Shinta. Shinta pun membuktikan kesuciannya dengan membakar diri. Namun karena kesuciannnya Dewi Shinta tidak terbakar. Akhirnya Rama dan Shinta kembali bersama.......

Rama dan Shinta kembali bersama

Begitulah kisah Ramayana yang disajikan secara apik dengan tarian yang gemulai dan rancak dari para penari. Di akhir pertunjukan penonton boleh berfoto bersama para penari.

 

Berfoto bersama Hanoman dan pasukan kera

Berfoto bersama Rama

4 comments:

  1. di ITB katanya sedang coba diusahain entertain via hitech tapi dg konten lokal (di sana dg wayang golek). saya pernah juga dengar ada yg namanya wayang pixel..
    saya pernah nanya dosen waktu kuliah, kira2 peluang IT yg pas utk jogja,ktnya akan smart dan menarik jika mampu menggali dan mengangkat budaya lokal dg meemanfatkan IT.
    jd budaya dan tradisi tetep terjaga dg apik meski teknologi sudah maju (alih2 justru jd pemicu inovasi)

    (komen di foto terakhir)
    wah shinta-nya kok gak pake kostum resmi tuh.. hehehe..

    ReplyDelete
  2. iya betul... P4Tk Seni Budaya sebagai lembaga yang sangat concern dengan budaya bangsa pun sedang berusaha memanfaatkan teknologi dalam pengembangan seni budaya khususnya wayang (waktu itu yang berbicara seorang dalang/WI Seni Pedalangan). Hal ini menjadi satu cara untuk meningkatkan kecintaan anak-anak dan remaja terhadap seni pewayangan.

    ReplyDelete
  3. oya..saat ini khan komik jepang tuh yang merajai indonesia..wayang dikomikkan juga lucu juga kali ya :D..Jadi cerita wayang dalam bentuk komik..Btw..mana tik, foto prambanan dengan siluet cahaya bulan..kyknya bagus banget deh?? upload yak!!

    ReplyDelete
  4. hihihi...hasilnya jelek..kabur gitu...
    iya betul...komik wayang udah ada, pasti lebih menarik ya, jadi pengen baca..

    ReplyDelete