Monday, August 13, 2007

Biarkan dia berkreasi...

Minggu ini aku pulang ke rumah. Seperti biasa mendapati hal baru dari ponakan2. Pagi hari setelah mandi, ponakanku mulai bermain di halaman. Kali ini dia bermain mainan truk. Aku, kakakku, dan bapak duduk di teras menyaksikan ponakan2 dan beberapa temennya yg datang bermain di halaman. "Adi kok masih mainan mobil2an to..kaya' masih balita aja" kataku pada kakakku. Ternyata mobil2an berbentuk truk yang diseret2nya dan diberi muatan itu hasil karyanya sendiri. Wah.. Aku jadi kagum. Kupikir dibuatin bapakku karna rapi tapi tidak seperti mainan2 truk yang dijual itu. Bapakku menceritakan kreativitas ponakanku itu.

Di belakang rumah ada beberapa papan dan triplek bekas papan nama yang sudah tidak digunakan. Diseretnya ke depan barang2 itu. Lalu dia sibuk mengukur2 dengan penggaris dan pensil. "Mau bikin prakarya po Di?"tanya bapakku. Sekolahnya sering meminta siswanya membuat prakarya di rumah. Tapi ternyata kali ini tidak. "Mau bikin mainan" katanya. Dibelinya paku kecil. Diguntingnya karet bekas ban sepeda. Dirakitnya mainan truknya. Uniknya dia tidak bertanya sama sekali pada bapak maupun kakakku. Semuanya dikerjakan sendiri dan dengan ide sendiri. Rodanya dia ambil dari batang kayu yang berdiameter +/- 7cm. Dipotong rapi, dilubangnya pakai paku dan disambung dengan bambu yang sudah dikikis tipis. Seperti truk pengangkut pasir, pintu bak belakangpun bisa dibuka. Engselnya pakai karet ban bekas. Kaca depan dia pasang kawat ram. Dan jadilah truk buatannya. Puasnya bukan main. Meskipun tidak sebagus truk2 buatan tukang yang dijual di pasaran, tapi bagiku truk buatannya adalah truk yang paling bagus.

Dengan teman2nya dia bermain mengankut pasir dengan truk. Teman2nya diajarinya membuat mainan itu. Akhirnya sisa2 bahan yang ia punyai ia berikan pada temannya untuk membuat mainan serupa. Sore hari salah seorang temannya sudah datang membawa mainan truk tapi tidak ada baknya.

Aku tersenyum melihatnya. Dengan apa yang ada dia mampu berkreasi menciptakan apa yang tidak bisa dibelinya... "Biarkan dia berkreasi" kata bapak.

(sayang aku belum punya gambarnya, nti pasti aku susulkan)

1 comment:

  1. Wahhh kreatif banget yah... Saluttt!!..
    Setuju banged tu, biar si anak mampu mengembangkan bakat & minatnya sendiri..
    Kita yang uda gede cukup ngawasin n mengarahkan ajah..
    Hikz.. jadi kangen ma ponakan2 kuw back home..

    ReplyDelete