Wednesday, August 22, 2007

Bermain Sudoku

Sudoku, suatu permainan yang sangat menyenangkan. Bikin nggak jenuh. Suatu kali di sebuah kelas yang menjemukan saya bermain sudoku, ternyata saya berhasil menyelesaikan kelas dengan senang,hehe… Dan ternyata teman2 pun tertarik dengan permainan ini. Akhirnya (hampir) satu kelas mengikuti kelas dengan memperhatikan sudoku..Lho???

Apa itu sudoku?

Nama “Sudoku” adalah singkatan bahasa Jepang dari “Suuji wa dokushin ni kagiru“  artinya “angka-angkanya harus tetap tunggal”.  Sudoku merupakan permainan logika dengan menempatkan angka-angka pada kotak/jaring 9×9 dengan 9 kotak/jaring 3×3 sehingga setiap baris,kolom, dan kotak 3×3 terisi angka dari 1-9.  Tidak boleh ada angka yang berulang pada setiap baris, kolom, maupun kotak 3×3.

Bentuk jaringnya seperti ini

sudoku1.jpg

Nah, silakan isikan angka-angka sehingga setiap baris, kolom, dan kotak 3×3 itu terisi angka 1-9..

Permainan sudoku ini telah dikembangkan dengan berbagai versi. Tidak hanya diisi dengan angka 1-9 tetapi bisa juga dengan gambar-gambar, huruf-huruf, dan lain2…

Dapat juga dikembangkan sendiri, misalnya dengan membuat jaring dengan ordo yang lebih besar atau yang lebih kecil, tetapi tetap dengan aturan yang sama.

Ayo main sudoku, dijamin nggak ngantuk…hehehe…

2 comments:

  1. Iya tik, aku kenal sudoku ini, pertama pas kita membersihin kaca program, terpampang dikaca..:D..inget khan..habis "berkebun" d kantor :D
    Btw..satu kelas prajab ya yang terhipnotis sudoku..Pas materi apa tuh? hihi

    ReplyDelete
  2. heeh..kelas prajab terjangkit virus sudoku...dari yang ukuran 4x4 sampai 9x9...
    Sangat mengasyikkan...

    ReplyDelete