Friday, August 29, 2008

Babe sakit...

Kemarin pagi2 kk5 sms: 'tadi pagi bapak jatuh'.
Wiuh, aku langsung deg2an secara waktu hari minggu aku di rumah bapak sedang sakit, ditambah lagi bapak punya hipertensi. Hal yang paling kutakutkan adalah mendengar bapak jatuh. Masih inget waktu ibu dulu, beliau juga lemes waktu tekanan darahnya tiba-tiba meninggi dan beliau jatuh di kamar mandi. Aku takut kalo bapak jatuh gara-gara tekanan darahnya meninggi.

Kubalas sms kk dgn cemas: ha?? jatuh dimana? trus skrg kondisinya gmn?

Kk bilang tadi waktu dia keluar kantor n mampir rumah bapak sedang tidur, tapi pagi2 waktu telpon kk, bapak suaranya agak keseret2.

God, aku takut terjadi apa-apa dengan bapak. Kutelpon kk, dan kk bilang bapak sedang tidur. Kutelpon orang rumah, ada ponakan di rumah. Dia bilang: simbah lagi bo2 mb. Aku minta dia cermati kalo nanti bapak bicara, gimana suaranya, apa bener seperti yang kk bilang.

Siang hari kutelpon rumah, bapak sudah bangun, ada kk juga di rumah. Lalu aku minta disambungkan ke bapak. Bapak cerita kalo tadi pagi jatuh, badane rasane enteng gk da keseimbangan. Aku cermati suara bapak agak beda, tapi bapak bilang krn baru bangun tidur.

Takut terjadi sesuatu dengan bapak, aku pulang ke rumah. Sampai rumah sudah ada kk2. Dia juga cemas lalu datang dari Gombong. Aku cium tangan dan kurasakan tangan bapak masih panas, badane masih panas. Lalu kucek tensinya 150/80. Lalu sambil lemes2 bapak cerita. Ternyata malamnya jatuh juga di depan kamar mandi. Duh, bapak memang sudah sepuh. Habis itu kk3 telpon nanyain keadaan bapak. Aku bilang dah membaik. Dia gk jadi pulang dan mau pulang hari ini. Beberapa waktu kemudian kk1 datang. Bapak lalu bilang: duh, bapak bikin anak2 bingung. Enggak kok Pak, kita anak2 sayang sama bapak.

Tadi pagi waktu mau berangkat ke jogja, bapak bilang kalo bapak dah ngerasa enakan. Kucek tensinya masih sama. Lalu bapak bilang: mudah2an bapak sehat terus, bisa ngeliat cucu2 dari semua anakku. Dalam hati aku bilang: Amin. Aku berangkat ke jogja dan bekerja seperti biasa. Siang kutelpon rumah, bapak bilang sudah sehat, kamu plg besok aja, nti ada kk3 di rumah...

Yah, bapak memang sudah sepuh, sudah sering sakit, tapi kalo pas sehat bapak selalu jalan pagi keliling kampung selama 45 menit, nengok sawah, utak atik taneman obat, ya ada aja yang dikerjakan. Mudah-mudahan bapak diberi kesehatan, umur panjang, dan kami anak2nya diberi kesempatan untuk membahagiakan beliau di hari tuanya. Amin.

4 comments:

  1. Amiiin.
    Semoga Bapaknya mbak dikaruniai kesehatan selalu, hingga bisa menyaksikan semua anak - anaknya ke pelaminan :)

    ReplyDelete
  2. makasih ya Lex..
    km belum jadi ketemu bapak ya Lex...??!!

    ReplyDelete
  3. Amin....
    cuma tinggal satu aja ni...
    tapi yang satu ini lumayan ngeyel utk yg 1 itu, hehe...

    babe dah sehat kok, kata kakak2: kalo ketunggon anak ragil hatinya ayem, jadi cpt sehat...hehe...

    ReplyDelete