Wednesday, April 23, 2008

Perpisahan...

Empat belas hari ini dapat kerjaan tambahan jadi panitia diklat guru SD di kantorku. Peserta diklat ini dulu pernah mengikuti diklat di tempatku (p4tk matematika), namun baru 5 hari berjalan terjadi gempa 27 Mei di Jogja dan sekitarnya. Mereka pun minta pulang dan diklat ditunda untuk sementara waktu sampai waktu yang belum ditentukan. Akhirnya tahun ini diklat yang dulu terhenti dapat dilanjutkan kembali.

Aku terdapuk jadi panitia bareng beberapa teman yang lain. Namanya ketambahan pekerjaan tentu saja ketambahan repot juga. Awal, pertengahan masih ribet, tapi akhir2..masih ribet juga,hehe.. Untunglah peserta diklat ini menyenangkan. Mudah akrab dengan panitia, dan lumayan tidak rewel. Beberapa peserta seperti sudah lama kenal dengan aku. Bisa ngobrol dan bercanda2. Yah, lumayan menyenangkan. Keakraban semakin bertambah karena aku ikut mengantarkan mereka ketika praktek memandu forum guru di KKG. Sepulang praktek kita punya kesempatan jalan-jalan sebentar ke pasar seni gabusan dan ke kasongan, sentra keramik dan gerabah di Bantul DIY. Peserta yang kebanyakan dari luar Jawa cukup senang diajak jalan-jalan ke tempat tersebut. Aku juga mengantarkan mereka ketika praktek mengajar di sekolah. Karena mereka berasal dari seluruh wilayah Indonesia, banyak dari mereka yang takut kalau-kalau siswa di Jogja akan kaget diajar oleh guru dari NTT atau Maluku. Tapi ternyata mereka mendapat kejutan dengan keramahan siswa-siswa SD di Jogja. Mereka begitu nasionalis, kata seorang guru. Tak satupun merasa aneh dengan kehadiran guru dari luar daerah.

Semalam adalah malam terakhir para peserta mengikuti diklat di sini. Kita bersama-sama membuat acara malam keakraban. Bersama-sama menampilkan lagu-lagu daerah dan bergembira bersama. Menyenangkan bersama mereka. Tak terasa waktu bersalaman saat berakhirnya acara, aku harus kuat2 nahan air mata. Secara di situ aku panitia, jadi harus jaga emosi,hehe...

Siang tadi akhirnya kegiatan diklat selesai. Ditutup oleh Bapak Kepala dengan pesan kepada peserta untuk mengimbaskan hasil yang diperoleh kepada rekan sejawat di daerah dan selalu meningkatkan mutu pendidikan di manapun kita berada.

Selamat jalan rekan-rekan peserta.. Guru2 berpotensi dari daerah2 di seluruh Indonesia. Selamat membagikan ilmu kepada seluruh pendidik di tanah air. Semoga pendidikan kita semakin baik dan bermutu dengan kiprah kalian semua....

6 comments:

  1. Mbak, pasar seni gabusan itu baru ya? Jualan apa aja sih? kayaknya 3-4tahun lalu blom ada ya?
    Nyuwun sewu, pitakonane ngrenteng kaya sepur..
    saya wong mBantul tapi wis 4 tahun ngga liat mBantul

    ReplyDelete
  2. pasti akrab banget tuh dah empat belas hari bareng terus, dan yakin dah kalo kamu mo nangis pas perpisahan,secara kamu kan orangnya agak cengeng...emang cengeng ding!!!buat hal hal yang kayak gitu, tapi tegar dalam menghadapi masalah...ciele...tegar!!!gak usah besar kepala gitu to!!
    @kangduljoni pasar gabusan emang belon lama, sekitar 2 tahunan pa ya??agak lupa je,aku juga wong mBantul tapi masih tetap betah di mBantul...hehe, wah sampeyan rugi dong gak ngerasain gimana dahsyatnya gempa di Bantul kemaren..

    ReplyDelete
  3. Rugi opo bejo ya mas? secara mbahku dhewe dadi korban je ning daerah mandhing..hik..hik

    ReplyDelete
  4. nah, ini salah satu sukanya kerja di lembaga diklat ... nambah kawan ... apalagi ada peserta diklat yang berkali-kali diundang ... lama-lama jadi kayak keluarga ...

    ReplyDelete
  5. ke KKG Bangunatapan sama KKG Sonosewu mbak...
    Peserta sekarang ada materi praktek pengimbasan, secara mereka kan calon2 guru pemandu/instruktur di daerah..

    ReplyDelete